Wisata di solo

Belum sah dikatakan dolan ke Solo kalau belum mengunjungi Keraton Kasunanan Surakarta. Begitulah kata banyak orang yang bercerita tentang pariwisata di Solo. Memang benar, keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat adalah salah satu warisan budaya yang tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi, karena dari sinilah cikal bakal kota Surakarta ini bermula.

Berkunjung ke keraton Surakarta, seolah kita akan dibawa untuk menjadi saksi tentang kejayaan kerajaan Mataram yang telah dibagi menjadi dua pada perjanjian Giyanti, yaitu Surakarta dan Yogyakarta. Saat ini, yang sedang bertahta di keraton Surakarta yaitu Gusti Hangabehi yang telah diangkat menjadi ISKS Paku Buwana XIII.

Mobil Sinuhun Paku Buwana X yang dipajang di dalam garasi museum kraton.

Di Keraton Surakarta ini kamu bisa melihat berbagai benda peninggalan kerajaan yang terdapat di dalam museum. Untuk memasuki museum yang berada di dalam area kraton, diwajibkan memakai sepatu dan bercelana panjang. Bagi yang memakai sandal disarankan untuk dilepas sehingga tanpa alas kaki alias cekeran, bagi yang bercelana pendek akan dipinjami sebuah kain yang dibelitkan dari pinggang hingga ke kaki menyerupai ketika memakai jarik. Tiket masuknya tergolong murah, masih di bawah Rp. 10.ooo,-.

Di dalam area keraton, selain bisa menikmati museum, kamu juga akan mengenal lebih dekat bagian-bagian keraton seperti Panggung Sanggabuwana, Sasana Handrawina, Sasana Sewaka, Ndalem Ageng Prabasuyasa, dll. Hamparan pasir putih yang terdapat di dalam area keraton adalah pasir yang diambil dari pantai Selatan.

Gapura Masjid Agung Surakarta yang bercorak Arab-Persia.

Masih di dalam kompleks Keraton Surakarta, kamu bisa menikmati wisata belanja di Pasar Klewer. Sebuah pasar tradisional yang cukup besar dan terkenal di kota Solo. Berbagai cendera mata khas Solo dan baju-batik bisa dijumpai di sini. Setelah puas berbelanja, kamu bisa sejenak beristirahat dan sholat Dzuhur di Masjid Agung Surakarta. Kemudian tepat jam 1 siang, kamu bisa menikmati kuliner khas Solo yaitu Thengkleng Bu Edi di dekat gapura keraton.

Bagi yang tertarik untuk berkunjung ke keraton Surakarta, silahkan datang setiap Senin-Jumat mulai pukul 09.00-14.00 dan Sabtu-Minggu pukul 09.00-15.00.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s